Mengenal Jaket Parka, Jaket Retro Untuk Traveling

February 03, 2018 1 Comment

Hasil gambar untuk jaket parka
Suka petualangan? atau yang berbau retro-retro? pasti tahu dong Jaket Parka? 

jaket parka awal kemunculannya dipakai dan di gunakan oleh kelompok militer khususnya angkatan udara. kira-kira tahun 50-an. 


seiring dengan semakin berkembangnya dunia fashion, jaket parka lambat laun enggak hanya dikenakan oleh kalangan militer saja. Jaket parka sekarang telah sangat banyak mengalami perkembangan, sehingga bukan melulu kalangan militer yang memakai. 


Jaket Parka kini menjadi bagian dari fashion bahkan menjadi pakaian yang wajib di miliki anak muda zaman sekarang. apalagi trend fashion yang berbau retro saat ini tengah digandrungi seantero dunia dan menjadi salah satu genre mode tersendiri. 


secara fungi jaket parka saat musim penghujan sangat rekomended untuk dimiliki, apalgi bagi kalian yang suka Traveling namun tetap ingin tampil kece dimusim penghujan.


Sebelum memutuskan membeli jaket parka, mari kita kenali terlebih dulu jenis-jenis jaket parka sesuai dengan bahanya

Hasil gambar untuk jaket parka
·         Kanvas marsotto
Bahan kain ini sangan pas dan untuk kalian yang suka aktifitas outdoor, seperti touring dengan motor, traveling backpecker dan aktifitas outdoor extrim. karena karakter kain kanvas dipadu model parka menjadikan pemakainya nampak cool dan gagah.  

kain kanvas sendiri memang cukup keras dan kuat sebagai bahan pembuat jaket. jenis kain kanvas juga pas dan oke untuk berinteraksi dengan udara dingin. 


Hasil gambar untuk jaket parka



Cotton dril atau kattun dril

Jenis kain ini banyak diaplikasikan untuk jaket caual pada umunya, karena karakter kattun yang halus tidak terlalu tebal dan lembut sangat nyaman dipakai harian. nah jenis jaket parka dengan bahan ini paling pas digunakan di saat santai, hangout dan traveling. karena ringan tidak kaku dan tetap nyaman walau dibawah terik matahari sekalipun.

Hasil gambar untuk jacket parka
·         Kain Taslan
Jenis bahan parka yang satu ini punya karakter komplit. kain taslan mirip dengan  kain parasut terutama dalam hal tahan terhadap air atau waterproof, namun kain taslan mempunyai satu kelebihan yaitu bahan serat yang rapat sama seperti kain kanvas. Kain taslan umumnya sangat nyaman dipakai dibelahan benua eropa atau tempat bersuhu dingin. jadi memilih parka dengan bahan kain taslan merupakan pilihan bijak untuk dipakai komuter selama beraktifitas ditempat bersuhu dingin 

Hasil gambar untuk jacket parka
Dengan mengetahui berbagai bahan di atas akan memudahkan Anda mengenali jenis jaket parka yang akan kalian pilih sesuai kegunaan. namun jangan khawatir karena berbagai bahan tersebut seringkali di kombinasikan menjadi bentuk jaket yang menarik untuk di gunakan. 

Selain itu jaket parka saat ini banyak ragam bentuk modelnya. seperti :

- Jaket parka denim
- Jaket parka army
- Jaket parka bloods 
- Jaket parka assassin. 

Nah model jaket parka tersebut diatas tinggal dipilih sesaui keinginan kalian.   

Embung Tirtomulyo Kemalang Klaten, Embung unik di kaki gunung Merapi

January 28, 2018 Add Comment
NGETRIP - Hallo manteman pecinta mblusukan semua, ternyata eh ternyata di klaten ada beberapa embung yang tak kalah eksotic dibandingkan dengan kabupaten tetangga Gunung Kidul loh..Salah satunya adalah embung Tirtomulyo, lokasinya di desa Tegalmulyo, Kecamatan Kemalang Kabupaten Klaten. persisnya berada di samping kanan obyek wisata Deles. Mantab sob suasana di embung ini. hmm adem khas suasana di Gunung Merapi.



Destinasi baru ini memang belum begitu ramai dan terkenal sob, karena baru diresmikan pada 22 maret 2017 kemarin. itupun masih dalam proses finishing, tapi bagi manteman yang suka berpetualang cieh cieh, ngetrip ketempat ini lumayan whortit lah. nah catatan mblusuk ngetrip kali ini saiya mencoba mengunjungi tempat ini, cekkidot..

Embung Tirtomulya fungsi utamanya adalah tempat penampungan air hujan untuk kebutuhan konsumsi masyarakat sekitar embung. loh kok?iyes sob, hampir setiap tahun saat musim kemarau datang daerah ini menjadi langganan kekurangan air bersih. karena itu keberadaan embung ini sangat dinantikan warga sekitar. dengan luas 0,6 hektar embung ini bisa menampung 12.000 meterkubik air hujan. eh tahu nggak sob embung Tirtomulyo merupakan embung tertinggi di klaten lho..hehehe selain itu pemandangan embung ini lumayan syahdu apalagi menikmati suasana embung dari sisi lereng bukit sebelah utara, sambil menikmati kopi hangat hmm (ngayal..lha belum ada yang jual kopi disini) karena masih baru tempat ini ketika saiya kunjungi enggak begitu banyak pengunjungnya. fasilitas yang ada disini juga belum begitu banyak, sepanjang saya melihat hanya ada satu gazebo dan beberapa tempat berteduh, serta tempat untuk parkir kendaraan. mungkin masih tahap pembangunan penambahan fasilitas gitu. oiya mengunjungi embung ini enggak dipungut tiket masuk sob alias free. sip kan?

Untuk menuju lokasi embung Tirtomulyo dari pusat kota klaten dibutuhkan waktu sekitar 1 jam, dengan jalur jalan “aspal” dan jalan sebagian jalan tipe cor beton. bisa ambil jalur via Gayamprit-Basin-Kemalang, jalur kedua jalur Jatinom-Karangnongko-Surowono atau jalur ke tiga dari sisi selatan via Jl Jogja-Solo (pabrik Gula Gondang Winangoen- Basin- Kemalang-Deles) atau jln Deles Indah.

Nah ngetrip kali ini via jln Deles Indah dengan jalur legendnya. dari arah lampu merah pabrik gula Gondang Winangoen  kita ambil jalan cor beton (jln Deles Indah) sampai mentok pertigaan pasar Basin terus ambil ke kiri (jalanya aspal mulus sob). Sampai masuk wilayah kecamatan Karangnongko (pom bensin kanan jalan) lurus ke utara menuju arah pasar kembang dan obyek wisata Deles.

Setelah melewati Pasar Kembang  perjalanan masuk babak baru jalur real Adventure dimulai...jalur ini benar-benar Legend. selain kita harus bersaing dengan pemilik jalur (maksudnya kendaraan gol C) beberapa spot jalan aspal ini berubah menjadi medan offroad plus tanjakan. Awas ada Jeglongan Sewu.. syahdunya....

Perjalanan menuju embung Tirtomulyo dari pasar kembang sebagian besar merupakan jalur menanjak tipis-tipis. Kiri-kanan jalan kita akan menyaksikan banyak tumpukan pasir atau depo pasir berderet-deret. Di wilayah ini  ketika musim buah durian banyak warga yang menjajakan buah durian (hampir semua pekarangan rumah ditanami pohon durian soalnya)konon katanya jenis durian asli di Kemalang ini varian durian Petruk. Legit banget rasanya...hhmm  Durian ooh Durian.....

Udara “anyles” mulai terasa walaupun cuaca terik menyengat seolah membunuh waktu, lha gimana sob tak terasa sekitar 30 menitan telah meninggalkan pasar kembang kok. sampailah kita pada gapura Obyek Wisata Deles..kalau lurus ya masuk kawasan deles sob, nah kita ambil ke kanan atau kle arah desa Tegalmulyo, akses jalan ke lokasi embung lumayan halus sob sebagian sudah di aspal sebagian lagi jalan cor beton, tapi layaknya jalan-jalan kampung pastilah jalurnya enggak lebar...karena waktu itu saiya bingung arah mana timur-mana barat, ditambah petunjuk arah ke lokasi embung lumayan minim. jadinya ya sering tanya penduduk sekitar. Waduh...tapi warga sekitar ramah-ramah dan baik hati kok..maturnuwon budhe pakde, paklik dan bulik. hehe jangan sungkan tanya ya sob kalau bingung...

hingga sampailah ke desa Tegalmulyo, jalanya wow nanjak sob.. soalnya desa tegalmulyo merupakan Desa paling tinggi di kabupaten klaten. Lokasi embung  Tirtomulyo sendiri berada diujung desa, agak "nylempit" gitu....

rasa penasaran dan capek langsung cling, suegeer tenan udara disini. Pemandangan embung Tirtomulyo ternyata jauh lebih bagus daripada yang ada difoto sob.. suer dech...sayang hujan rintik-rintik turun shingga enggak bisa berlama-lama..wah

ada satu tips nih sob kalau berkunjung ke Embung Tirtomulyo ini

1>> Please jangan buang sampah sembarangan ya...apalagi dibuang diembung, soalnya fungsi embung ini untuk tampungan air hujan dan dijadikan cadangan air untuk konsumsi warga sekitar saat musim kemarau datang..oke manteman demikian dulu sedikit cerita trip ke embung Tirtomulyo Kemalang klaten. semoga bermanfaat dan menjadi referensi tujuan wisata kamu di akhir pekan..

Salam Blusukan Hore..


Bajaj Deluxe coklat 1978 si Kuat

January 23, 2018 44 Comments
Ini bajaj pertama saya,ceprot lahir ke pemilik pertama tahun 1978. Sekilas tak ada yang berbeda dengan vespa pada umumnya,bentuk mesin dimensi body secara keseluruhan plek ketimplik terutama untuk jenis vespa sprint dan vespa super yang beredar di tanah air.

bajaj deluxe 1978
Namun kalau diperhatikan lebih seksama dari berbagai posisi,pose nglemah serta penerawangan ala-ala kalau perlu tentu ada bedanya lho..hehehe..

Scooter bajaj deluxe dan bajaj super ternyata punya tebeng body yang lebih lebar dibanding vespa super atau sprint. sedangkan perbedaan dari bajaj deluxe dan bajaj super ada di diameter tromol dan bannya saja. bajaj super menggunakan ring roda 8" dengan model teromol seperti vbb, terutama untuk bajaj super lansiran sebelum 1980. sedangkan bajaj deluxe menggunakan lingkar roda 10"sama seperti kepunyaan Vespa sprint. 

bentuk batok lampu atau kepala lampu baik bajaj super dan bajaj deluxe keluaran tahun 1975 sampai 1979 seperti vespa sprint latin yang bentuknya njenong. 

Ukuran tebeng scooter bajaj deluxe dan bajaj super ternyata ukuran lebarnya sama dengan vespa vbb atau "kenthus. ini karena basik mesin dan body tengah scooter bajaj adalah varian vespa GS 160. hanya saja tekukan tebeng depan scooter bajaj sedikit lebih kaku.

untuk sedikit menggambarkan sejarah bajaj bisa dilihat di link dibawah ini ya gaes..
https://fanfanorange.blogspot.com/2019/04/nostalgia-bajaj-menganyam-jejak-skuter.html

Mesin si kuat Bajaj
bicara dapur mesin sebuah skuter tentu tidak jauh dari bagaimana bentuk boring mesin dan jeroan gearboxnya. Lubang-lubang inlet booring bajaj deluxe memang ada beberapa jenis. ada yang menggunakan dua inlet dan tiga inlet.

kebetulan bajaj deluxe yang saya miliki ini punya spek inlet 3 dengan dan disuplai pengabut karburator ukuran 20/17 sama seperti  vespa sprint lama. 


Beberapa bajaj deluxe ada yang punya inlet 2, akan tetapi konon kabarnya ukuran inlet atau lubang hisap di buring sedikit lebih lebar dari vespa super 150. Jadi jangan keburu kecewa ya broo..


sedangkan lubang inlet bajaj super berjumlah 2 lubang saja. untuk as bandul baik bajaj deluxe dan bajaj super menggunakan type as kecil tetapi profil bandulnya sedikit berbeda dengan profil bandul vespa super dan print yang sama-sama ber as kecil. 


sebagai penggerak roda atau gigi rasio bajaj deluxe dan bajaj super menurut katalog manual booknya ternyata sama persis seperti rasio vespa super, vespa sprint dan vespa ps.



tampak tebeng depan bajaj deluxe dan vespa super, kepunyaan bajaj sedikit lebih lebar
Suara desingan piston yang di ledakan api busi pada scooter bajaj sangat khas. jeblez jeblees cenderung rame, mirip mesin jahit manual yang digenjot sekuat tenaga wow....

Namun tenaga bawah ini scooter kalo menurut saya luar biasa, konon para suhu per pespaan mensejajarkan si bajaj dengan vespa strada soal hentakan tarikan bawahnya. 

usut punya usut, ternyata hal tersebut karena profil kampas kopling bajaj ada gerigi tengahnya sehingga lebih menggigit. Sistim kerja kampas koplingnya juga berbeda dengan vespa sprint/super. akan tetapi dari keduanya bisa saling subtitusi.
itulah istimewanya bajaj..

satu lagi yang istimawa dari scooter bajaj adalag nyala lampunya yang super duper lebih terang. sangat jarang sekali scooter bajaj lampu peneranganya melik-melik alias redup.

entah karena bobot magnet bajaj yang lebih berat dibandung magnet vespa, atau karena bentuk permukaan magnetnya, tang jelas daya listrik untuk penerangan setingkat lebih baik debandingkan vespa super/ sprint yang berkekuatan 8 volt 

Apapun penilaian beberapa penggemar scooter tentang kekurangan dari scooter bajaj saya tetap nyaman menggunakannya untuk komuter sehari-hari. mungkin karena lebih terlihat nyentrik kali ya..
Seperti slogan bajaj 
"sekali lagi bajaj pasti lebih kuat"


Featured Post

Nostalgia Sepeda Jengki Phoenix, sepeda China yang dimiliki hampir seluruh keluarga Indonesia

                    Pertengahan tahun 1965 Presiden pertama RI Soekarno pernah menumpahkan kekesalanya pada budaya barat yang mulai tersemai...

Artikel lainya gan..