Review Mio J Kencang Topspeed Tembus 120kpj

January 18, 2018
Berjumpa lagi di artikel seputar roda dua mas bro semua, bahan obrolan kali ini seputar bagaimana cara agar yamaha mio j agar bisa kencang, bahkan bisa tembus topspeed 120 km/jam on spido. weis cadas bro...

namun sebelum melangkah pada pembahasan sedikit saya preview speck matic Aitakata ini sob..


Motor matik injeksi pertama keluaran yamaha Indonesia ini di awal kelahirannya sempat mengguncangkan jagat motor matic Indonesia 2012. Revolusi mesin baru klan mio series dengan pengabutan fuel injecsi ini seolah ingin mematahkan pandangan umum bahwa motor matic itu boros bahan bakar. 

konsumsi bahan bakar mio j rata-rata berkisar 55-60 km/liter pertalite cukup menggoda di tahun itu.
Lanjut ke topik utama bro...

Kebetulan di rumah ada unit mio j lansiran 2012 standar, melihat masa baktinya yang sudah menginjak usia lebih dari 5 tahun, pasti banyak part yang sudah memasuki usia ganti. benar saja tarikan mulai loyo, getar dan topspeed mentok 80km. apalagi selama ini mio j ini saya ajak wara-wiri jogja-solo hampir tiap hari.

Hingga beberapa waktu yang lalu saya putuskan untuk meremajakan mesin mio j ini. ternyata eh ternyata seher beserta linernya sudah baret walah...alamat ini, tahu sendiri kan boring mio j ini memakai bahan diasyl dan piston seher forged sehingga kalau seher sudah baret secara otomatis linernya boringnya akan ikut tergores juga. celakanya boring mio j tidak bisa di korter langsung bro. kalau ganti seher harus sekalian ganti boring satu set. perkiraan biaya sekitar 500-600rb. yaelah..

Setelah berburu info sana sini saya dapat kabar segar, ternyata boring asli masih bisa digunakan bro, yaitu dengan overboss alias ganti liner punyaknya mio lawas kemudian dikorter ulang. karena sudah kepalang tanggung mio j ini sekalian di oversize 100 pakai seher honda beat. hmmm bagaimana hasilnya? yooi sob mantab...akselerasi makin sip dan tentunya topspeed lumayan terkerek.

Rubahan diatas plus penggunaan roller 10gr  untuk menggapai topspeed 120/km cukup mudah bro,.

Nah berikut spesifikasi rubahanya
1. Roller 10gram NKS (bisa pakai original punya xeon rc atau merk lain kawahara, koso, TDR dll sesuaikan budget)
2. V-belt standar
3. Busi Standar
4. ECU Standart
5. Rumah Roller variasi
6. Per CVT standar hanya diganjal dengan O-ring 3 biji
7. Seher beat overzise 100
8. Co +5

Oiya sedikit menambahkan karena mesin sudah oversize alangkah syahdunya apabila oli mesin sering-sering dicek, karena suhu mesin biasanya lebih tinggi sehingga mempercepat penguapan oli mesinya bro, atau paling tidak setiap 2500 km oli mesin sebaiknya di ganti. 
Begitulah setidaknya sedikit tips ringan dari ane agar mio j bisa enteng libas 120 km/jam, Sekian dari saiya , semoga bermanfaat




Previous
Next Post »

11 comments

  1. untuk seher beat apa ya ?
    karbu/injek ?

    ReplyDelete
  2. kalau saya pakai seher beat karbu bang..

    ReplyDelete
  3. habis berapa bang kisaran nya

    ReplyDelete
  4. Bang itu cuma di ganti kepala seher nya aja atau 1set

    ReplyDelete
  5. Bang harga piston kit beat karbu ori 100rban ya?

    ReplyDelete
  6. Part lain rata" standar mas?? Cuma oversize doan sama puli??

    ReplyDelete

Monggo sharing komentar dan pengalaman di bawah ini dengan merdeka asal, tanpa menjatuhkan sesama dan SARA.. Matur Tengkiyu

Featured Post

Nostalgia Sepeda Jengki Phoenix, sepeda China yang dimiliki hampir seluruh keluarga Indonesia

                    Pertengahan tahun 1965 Presiden pertama RI Soekarno pernah menumpahkan kekesalanya pada budaya barat yang mulai tersemai...

Artikel lainya gan..