Deles Indah, pualam lereng merapi yang pernah jaya

February 26, 2016 Add Comment

Bagi kamu yang tinggal di klaten pasti tahu tempat wisata ini. Deles Indah cukup ikonik bagi masyarakat klaten, dan menjadi tujuan fovorit di akhir pekan dan liburan.
kalau bogor punya puncak klaten pun juga punya, ya deles inilah puncaknya klaten. terletak di ketinggian 800-1300mdpl menjadikan deles sebagai tempat wisata tertinggi di klaten. bisa kebayangkan gimana sejuknya udara pegunungan di lereng merapi...hmmzz.
deles atau deles indah masuk dalam wilayah desa sidorejo kecamatan kemalang berjarak 25 km dari klaten dan kurang dari 10 km dari puncak merapi
untuk menuju ke tempat ini sangat mudah. kalau dari jalan jogja solo tepatnya sebelah timur pabrik gula gondang winangoen masuk lurus ke arah pasar kembang (jl deles indah) gampang kok, hehe..cuma ya itu kalau sekarang jalanya agak anu gitu, terutama jika sudah melewati pasar kembang. pas mulai menanjak jalanya dan konsentrasi musti lebih, harus sabar dan hati-hati. banyak ranjau dan bebatuan aspal yang lebas. kenapa begitu?ya karena saat ini jalan ini merupakan akses utama truck pasir galian c. oke deh landjuuut....
Next kita oprek jalur syahdu ke deles..

Candi sojiwan, eksotisnya candi budha yang tersembunyi

February 01, 2016 Add Comment
Candi Sojiwan berada di Dukuh Kalongan, Desa Kebondalem Kidul, Kecamatan Prambanan, Klaten. letaknya yang sedikit tersembunyi menjadikan candi Sojiwan kurang begitu di kenal. 
Sebenarnya Candi ini hanya berjarak 2 km di selatan candi Prambanan. Untuk menuju ke candi ini tidaklah sulit. Dari arah Solo atau Jogja, Anda mencari tugu batas propinsi dulu, Perhatikan bahwa ada jalan kecil di sebelah selatan tugu ini. Masuklah ke jalan tersebut.Setelah melewati rel kereta api, kira-kira 300 meter Anda akan menemukan pertigaan. Ambil jalan yang lurus menuju desa Kebon Dalem Kidul. Kira-kira 400 meter Anda akan menemukan jalan ke arah kiri (timur). Masuklah dan susuri jalan ini. Setelah 200 meter, Anda sudah sampai di lokasi.
Setelah sampai, laporlah lebih dulu ke pos satpam. Anda akan diminta mengisi buku tamu.
Tidak ada karcis masuk yang harus dibeli, namun sebaiknya Anda memberi uang kopi kepada penjaganya. Besarnya sesuai kerelaan Anda. Setelah puas mengunjungi candi Sojiwan, Anda dapat meneruskan perjalanan ke candi Boko, candi Barong dan candi Ijo.
Dongeng Hewan
Keunikan lain dari candi Sojiwan ialah adanya sekitar 20 relief di kaki candi yang berhubungan dengan cerita-cerita Pancatantra atau Jataka dari India. Cerita-cerita ini berupa fabel, yaitu kisah tentang hewan yang mengandung kebijaksanaan bagi manusia. Ada teori yang mengatakan bahwa Fabel Aesop yang terkenal itu merupakan turunan dari kisah Pacantantra ini. Dari 20 relief ini, tinggal 19 relief yang sekarang masih ada.
Sejarah pendirian Candi sojiwan
Candi Sojiwan dibangun setelah terjadi komplikasi dari perkawinan politik di antara dua dinasti yang berkuasa di Jawa pada abad ke-9 M.  Saat itu wilayah Selatan dikuasai oleh wangsa Sanjaya beragama Hindu Siwa, sedangkan wilayah utara didominasi oleh wangsa Syailendra yang menganut Budha Mahayana. Perebutan pengaruh menimbulkan ketegangan sehingga ditempuh upaya perdamaian yaitu dengan menikahkan Rakai Pikatan dari wangsa Sanjaya dengan Pramodawardhani dari wangsa Syailendra, dinikahkan untuk meredam konflik tersebut.Pernikahan ini ditentang oleh saudara Pramodawardhani, yang bernama Balaputra Dewa. Maka perang pun tak terhindarkan. Balaputra Dewa berhasil dikalahkan oleh Rakai Pikatan sehingga melarikan diri ke Sumatera. Di sana dia membangun kerajaan Sriwijaya.Sementara itu, rakai Pikatan dan isterinya bahu-membahu membangun kehidupan harmonis antara pemeluk Hindu Syiwa dengan Budha Mahayana. Mereka ingin supaya keduaagama tersebut dapat terus hidup dan berkembang dengan damai dan saling menghormati. Sebagai buktinya, Rakai Pikatan membangun candi Prambanan yang bercorak Hindu. Namundalam radius kurang dari 5 meter, candi Hindu ini dikelilingi candi-candi Budha seperti Kalasan, Plaosan, Sewu dan Sojiwan.Candi Sojiwan ini bercorak agama Buddha. Hal ini dibuktikan dengan bentuk candiyang memiliki beberapa stupa. Candi ini dibangun kira-kira pada pertengahan abad ke-9.Menurut beberapa prasasti yang sekarang disimpan di Museum Nasional , candi Sojiwankurang lebih dibangun antara tahun 842 dan 850 Masehi. Candi ini dibangun kurang lebihpada saat yang sama dengan candi Plaosan.
Pemugaran
Penelitian terhadap candi ini sudah dirintis sejak tahun 1813 oleh Mackenzie, seorang penjelajah Barat, anak buah Raffles. Pemetaan kembali dilakukan secara bertahap mulai dari tahun 1893. Dan pada tahun 1950, candi ini sebenarnya sudah mulai dibangun kembali. Akantetapi gempa yang menggoncang Jawa Tengah pada tahun 2006 silam menyebabkan candi iniruntuh lagi. Untuk itu dilakukan pemugaran kembali. Pada akhir tahun 2011, bangunan indukcandi Sojiwan telah selesai dan diresmikan.Candi induk menghadap ke arah barat. Dasar candi berbentuk segi empat. Selasar atauteras berada di atas dasar candi, mengelilingi badan candi. Pintu candi memiliki penampil yang menjorok ke depan juga dilengkapi tangga bersayap yang ujungnya relief Kalamakara.Pada kanan dan kiri tangga terdapat relief. Demikian pula pada dasar candi serta bagian pintu.Umumnya, relief bercirikan candi Budha, antara lain makhluk kerdil dan Kinari-Kinari atau makhluk bersayap penghuni kahyangan. Pada sudut-sudut candi terdapat relief Simbar , yang lainnya adalah Jaladwara atau saluran air.Badan candi ini berbentuk segi empat. Di dalamnya ada sebuah bilik namun sudah kosong. Diperkirakan dulu berisi arca karena terdapat tiga lapik berbentuk bunga teratai.

Mereamer Karburator Bajaj Deluxe

January 05, 2016 Add Comment


Hari ini setelah bersih-bersih si orange saya coba mengeluarkan si kuat bajaj deluxe. hampir sebulan si kuat bajaj deluxe warna coklat ini njogrok di garasi dan terisolasi. he he, maklumlah udah tuwir dan mengidap penyakit lama yang kambuhan..sebenarnya nggak ada firasat atau ontrah-ontrah untuk mereamer karburator bawaanya.namun karena rasa usil dan ngeyel saya jadilah sikuat sebagai bahan ujicoba



Penyakit akut Si kuat deluxe ini adalah sulit sekali di ajak langsam. Berbagai cara sejak akhir tahun lalu di coba, mulai dari gonta-ganti spuyer, busi hingga bongkar bongkar karburatornya (bongkar-bongkar doang,biar sok iyes,wkwkwk). Sampai pusingnya si kuat ini malah menyerah, ngambek ga mau menyala... waduh. Akhirnya belah duren deh, eh mesin.
Mumpung sedang sakit sekalianlah si kuat dibredel, biar tahu onderdil dalamnya apa saja yang sudah tidak layak, mungkin sudah suratan takdir kali ya bajaj deluxe 1978 ini harus di udel-udel besar besaran.  karena sejak ini bajaj di boyong ke rumah baru kali ini mesin di jamah.

RENOVASI TIADA HENTI

Di dereklah si kuat ke bengkel, bengkel Bang Jo dideket rumah (hahaha Master Pespa lengendaris dan kondyaang se Klaten inih)

Dan....satu persatu baut mesin mulai dilepas,dan mesin di turun kan, lalu piston dilucuti,setelah di bersihkan dan di lepas,pengamatan dimulai....hmmms kondisi masih oke dan layak. Pun juga stang piston beserta pennya belum oblak alias masih span...
Lanjut ke mesin yang sudah di belah...di sini beberapa komponen mulai keliatan ada yg sudah rusak..laher kruk as sebelah kanan ternyata sudah banyak aus bola-bola nya, demikian pula dengan sil kruk as ternyata bocor..itu mungkin penyebabnya oli mesin cepet habis dan langsam tidak stabil. Setelah nego-nego akhirnya si kuat mesti opname di bengkel soalnya sekalian mau di standartkan mesinnya..

Setelah menunggu beberapa hari si kuat sudah dirakit kembali. Tinggal setting karburator. Tanpa kesulitan mesin si kuat menyalak..lumayan halus kali ini desingan piston si kuat. Satu masalah teratasi suara gemertak seperti mesin jahit hilang..setelah si test jalan beberapa kali oleh bang jo (pemilik bengkel ini vespa) dia geleng2...ada apa gerangan? He he...

Karburator mu bro....uwis suloyo alias udah ga normal..kemungkinan skepnya terlalu aus..soalnya busi ujungnya tidak bisa merah, seloroh Bang Jo dengan gaya cueknya.

Si kuat kini di coba pake karburator px yang sudah 20/20 di camplokkan ke intakenya, kemudian coba tak selah beberapa kali hingga blair...blair..suara knalpot si kuat yang sudah bedelan melengking dreeng...dreeeng..Ngebass
kali ini anteng banget suaranya, langsam juga gampang banget di stel..sayang ini karburator cumi alias cuma minjem...akhirnya si kuat dirakit kembali dan saya bawa pulang...tentunya dengan jalan yang agak endut endutan. Masuklah si kuat ke garasi dan di isolasi. Eaaa...


Hingga pagi ini, kebetulan pas libur dan longgar iseng iseng saya bongkar karburatornya. karena sudah kepalang tanggung sekalian saya reamer moncong karbunya,.harapannya biar setidaknya jadi diameter 20. Hehehe ngiler karbu px bro....maklumlah pas tanya harganya di toko sparepart karburator px merk spaco india harganya 180ribu waduh...

Dengan bermodalkan bor listrik dan mata bor besi eksperimen di mulai..aji pengawuran keluar...saya mainkan mata bor ke arah dalam moncong karbu secara melingkar creeeeeng creeeeng, sampai dinding ujung karburator menyisakan sekitar kira-kira 2mm (sorri ga diitung cuma kira-kira). dengan kesabaran selesai juga mereamer karburator.....

Setelah selesai semua dan dirasa cukup...set set set dirakit kembali dan siap di uji coba...hmmmm...Lumayanlah hasilnya, stasioner lumayan anteng dan torsi bawah legendnya Bajaj keluar Wus wus wus dreng deng deng...

Salam Kuntji Busi...

Featured Post

Nostalgia Sepeda Jengki Phoenix, sepeda China yang dimiliki hampir seluruh keluarga Indonesia

                    Pertengahan tahun 1965 Presiden pertama RI Soekarno pernah menumpahkan kekesalanya pada budaya barat yang mulai tersemai...

Artikel lainya gan..