Ini bajaj pertama saya,ceprot lahir ke pemilik pertama tahun 1978. Sekilas tak ada yang berbeda dengan vespa pada umumnya,bentuk mesin dimensi body secara keseluruhan plek ketimplik terutama untuk jenis vespa sprint dan vespa super yang beredar di tanah air.
bajaj deluxe 1978 |
Namun kalau diperhatikan lebih seksama dari berbagai posisi,pose nglemah serta penerawangan ala-ala kalau perlu tentu ada bedanya lho..hehehe..
bentuk batok lampu atau kepala lampu baik bajaj super dan bajaj deluxe keluaran tahun 1975 sampai 1979 seperti vespa sprint latin yang bentuknya njenong.
Ukuran tebeng scooter bajaj deluxe dan bajaj super ternyata ukuran lebarnya sama dengan vespa vbb atau "kenthus. ini karena basik mesin dan body tengah scooter bajaj adalah varian vespa GS 160. hanya saja tekukan tebeng depan scooter bajaj sedikit lebih kaku.
untuk sedikit menggambarkan sejarah bajaj bisa dilihat di link dibawah ini ya gaes..
https://fanfanorange.blogspot.com/2019/04/nostalgia-bajaj-menganyam-jejak-skuter.html
Mesin si kuat Bajaj
bicara dapur mesin sebuah skuter tentu tidak jauh dari bagaimana bentuk boring mesin dan jeroan gearboxnya. Lubang-lubang inlet booring bajaj deluxe memang ada beberapa jenis. ada yang menggunakan dua inlet dan tiga inlet.
kebetulan bajaj deluxe yang saya miliki ini punya spek inlet 3 dengan dan disuplai pengabut karburator ukuran 20/17 sama seperti vespa sprint lama.
Beberapa bajaj deluxe ada yang punya inlet 2, akan tetapi konon kabarnya ukuran inlet atau lubang hisap di buring sedikit lebih lebar dari vespa super 150. Jadi jangan keburu kecewa ya broo..
sedangkan lubang inlet bajaj super berjumlah 2 lubang saja. untuk as bandul baik bajaj deluxe dan bajaj super menggunakan type as kecil tetapi profil bandulnya sedikit berbeda dengan profil bandul vespa super dan print yang sama-sama ber as kecil.
sebagai penggerak roda atau gigi rasio bajaj deluxe dan bajaj super menurut katalog manual booknya ternyata sama persis seperti rasio vespa super, vespa sprint dan vespa ps.
Suara desingan piston yang di ledakan api busi pada scooter bajaj sangat khas. jeblez jeblees cenderung rame, mirip mesin jahit manual yang digenjot sekuat tenaga wow....
kebetulan bajaj deluxe yang saya miliki ini punya spek inlet 3 dengan dan disuplai pengabut karburator ukuran 20/17 sama seperti vespa sprint lama.
Beberapa bajaj deluxe ada yang punya inlet 2, akan tetapi konon kabarnya ukuran inlet atau lubang hisap di buring sedikit lebih lebar dari vespa super 150. Jadi jangan keburu kecewa ya broo..
sedangkan lubang inlet bajaj super berjumlah 2 lubang saja. untuk as bandul baik bajaj deluxe dan bajaj super menggunakan type as kecil tetapi profil bandulnya sedikit berbeda dengan profil bandul vespa super dan print yang sama-sama ber as kecil.
sebagai penggerak roda atau gigi rasio bajaj deluxe dan bajaj super menurut katalog manual booknya ternyata sama persis seperti rasio vespa super, vespa sprint dan vespa ps.
tampak tebeng depan bajaj deluxe dan vespa super, kepunyaan bajaj sedikit lebih lebar |
Namun tenaga bawah ini scooter kalo menurut saya luar biasa, konon para suhu per pespaan mensejajarkan si bajaj dengan vespa strada soal hentakan tarikan bawahnya.
usut punya usut, ternyata hal tersebut karena profil kampas kopling bajaj ada gerigi tengahnya sehingga lebih menggigit. Sistim kerja kampas koplingnya juga berbeda dengan vespa sprint/super. akan tetapi dari keduanya bisa saling subtitusi.
itulah istimewanya bajaj..
satu lagi yang istimawa dari scooter bajaj adalag nyala lampunya yang super duper lebih terang. sangat jarang sekali scooter bajaj lampu peneranganya melik-melik alias redup.
entah karena bobot magnet bajaj yang lebih berat dibandung magnet vespa, atau karena bentuk permukaan magnetnya, tang jelas daya listrik untuk penerangan setingkat lebih baik debandingkan vespa super/ sprint yang berkekuatan 8 volt
Apapun penilaian beberapa penggemar scooter tentang kekurangan dari scooter bajaj saya tetap nyaman menggunakannya untuk komuter sehari-hari. mungkin karena lebih terlihat nyentrik kali ya..
Seperti slogan bajaj "sekali lagi bajaj pasti lebih kuat"
blog udah 2 thun yg lalu mudah2an masih ada respon.. hehe. sma2 pnya bajaj deluxe nya nih om.. tp sya pemula, mau sharing pernah denger2 kalau mesin bajaj itu cpet panas jarak tempu 5km udah mati tuh mesin dan hrus adem in lg tuh si besi semok, apa bner ya om,, tp kmrin pnya sya bru beli ya gtu masalah nya om tiap 5km sllu mati,, dan akhir nya di mesin tiba2 muncul jebles2 gtu trus mati lagi dan gak bisa di starter lg.. yaa trpaksa dorong ckup jauh deh akhir nya smpai rmah.. untung ada tmen yg nyamperin bntuin dorong hehe
ReplyDeleteSuwon dan terimakasih sudah mampir.. kalo mesin ngejim biasanya karena celah seher masih terlalu rapat (klo habis ganti seher baru)bisa juga karena setelan karburator terlalu irit. Bisa juga karena campuran oli samping terlalu sedikit.
Deletepunya saya jarak tempuh tangerang bandung aman om , mesin jos gak jim meski di gaspol .
ReplyDeleteSalam kenal om.. terimakasih sudah mampir..bajaj lebih kuat
DeletePermisi om mau tanya nih, perbedaan bodi tengah bajaj deluxe ama bajaj super apa ya? Selain diliat dari nmr rangka nya. Thx om 🍻
ReplyDeleteBajaj deluxe sama bajaj super body tengahnya sama plek om,yang membedakan cuma diameter roda.
ReplyDeletePunyaku juga bajaj deluxe kemarin tk pakek jalan tempuh 13 km Alhamdulillah aman2 aja tuh tk ada kendala apapun,tk tes speed SMP 80.bajaj is the best
ReplyDeleteMantab om..belum pernah nyoba gas pol
ReplyDeletejuos mas bro...suwon sudah mampir
ReplyDeleteMaaf saya masih awam, apa bajaj super juga lubang inlet nya 3?
ReplyDeleteSama kalo dibaning vespa vespa yg udh As gede. Tenaganya gede mana?
Terima kasih
Maksudnya vespa super yg as gede 🙏
Deleteumumnya bajaj super inletnya 2, sama seperti vespa super atau ps. klo masih standar kayaknya sama aja bro. cuma profil kruk as bajaj ada sedikit beda ya dengan vespa jadi rasanya lebih nendang
ReplyDeletePunya saya bajaj deluxe.. Jarak tempuh surakarta_blitar aman2 aja tuh... Tenaga oke bingitz :)
ReplyDeleteyoi bang..merdu syahdu pokoknyah...
DeleteMisi om boss tanya2 nh,,sya pemula br punya bajai super thn 1976,Kendala ny ap ya yanh biasa terjadi di mesin ini???
ReplyDeleteMakasih.
Kalau kendala umumnya sama kayak motor lawas pada umumnya. Seperti kelistrikannya,spul, koil dan pengapian kadang2 udah mulai loyo, dan mesti peremajaan.
DeleteKalau soal mesin ya 11 12 lah sama Vespa pada umumnya.
Assalamualaikum Abang Abang ane punya Vespa bajaj duluxe ni, ko tarikan kurang y dh gtw mati Mulu , maklum pemain baru bang . Mohon pencerahannya terimakasih
ReplyDeleteCoba di setting ulang pengapian sama karbunya dulu bang,mulai setelan kerenggangan platina (klo masih pakai platina) sampai ketemu percikkan api busi paling stabil dan besar.
DeleteLalu bersihkan spuyer karburator dan setting angin nya
Bang mau tanya kalo bajaj deluxe ukuran velk nya brapa terus bajaj super berapa ?
ReplyDeletePunya saya d stnk bajaj super tapi ring velk 10
Deletebebas mas bisa saking tukar velk sekalian tromolnya kok..klo bawakan aslinya babaj super rodanya ring 8. kalau sekarang rata-rata pada upgrade ke ring 10 bang. agar ga gampang gasrok
DeleteOm moh pencerahannya baru mau ngangkat bajaj chetak, Kelebihan Dan kekurangannya apa? Dan apakah semua bajaj gunakan as kecil? Apa bedany as kecil dgn as gede. Thx
ReplyDeleteKalau sekarang bajaj chetak malah lebih langka om,jarang dikembari, hehehe.
DeleteSetahu saya bajaj super dan deluxe as kruk asnya kecil semua,
Bedanya sih cuma dikarakter mesin aja om, as kecil umumnya napas lebih cepat
Om moh pencerahannya baru mau ngangkat bajaj chetak, Kelebihan Dan kekurangannya apa? Dan apakah semua bajaj gunakan as kecil? Apa bedany as kecil dgn as gede. Thx
ReplyDeleteBang apakah vespa bajak akan antik
ReplyDeleteSekarang malah sudah jadi scooter antik bang, secara jumlah juga tidak sebanyak Vespa.
Deletemas, punya saya bajaj super lupa kluaran tahun brp, cuman saya bingung kok perasaan berat motornya ngelebihin vespa super ya
ReplyDeleteiya, lebih berat scooter bajaj dibandingkan vespa super, soalnya body bajaj umumnya lebih lebar
ReplyDeleteMas saya punya bajaj deluxe , tak ganti kampas kopling punya super , soal nya kampas bajaj langkah , terus bunyi ngukk nguk di mesin gede banget ,, solusi mas biar agak adem mesin nya hehehe
ReplyDeleteklo menurut bisikan manteman bengkel bunyi ngruuk ngruk saat posisi netral wajar di bajaj, tapi klo pas tuas kopling di tarik tetap bunyi biasanya karena laher kruk as terlalu ketekan rumah kopling mas,atau malah laher kruk as sudah kemakan aus/seret.
ReplyDeleteGak mas bukan pas tuas kopling di tarik , tapi pas jalan gigi 3 sama 4 , bunyi ngukk nguk hehehhhe agak risih denger nya
DeleteSanya punya deluxe 75, udah ganti shok tapi masih keras , itu kenapa ya?.
ReplyDeleteKalo mesin jangan di tanya , buat nanjak pake gigi 3 pun masih ke tanjak, pengapian sudah up ke cdi magnet ori bajaj.
rata-rata sparepart shockbreker belakang untuk vespa brand lokal keras bantinganya om, klo bagian depan sebaiknya sekalian diganti sama pernya juga om
ReplyDeleteTerus mau nanya nih om, apa bener magnet bajaj muter nya ga terlalu center di banding vespa ?
DeleteSoalnya mekanik bilang magnet bajaj gabisa center banget kalo muter. Apa bener om?
kayaknya selama krukas sama lahernya masih normal putaran magnitnya tetap center om
DeleteAne baru dapet bajaj super 1978 katanya masih original semua karna blm terlalu ngerti tentang bajaj jadi masih cari2 reviewnya😁
ReplyDeletemantab...
DeleteBang Bajaj deluxe 1980 irit apa boros yaa
ReplyDeletebos ane pemain baru..kalo bajaj super 76 mesin enak ngak..baru mau ngangkat 5.5jt..murah ngak ya. pajak mati 2013
ReplyDeletemesin bajaj lumayan nyaman kok bang, tahan banting
DeleteBang ane punya bajaj 1978 tpi mati susah idup itu kenapa ya? Maaf pemula🙏
ReplyDeleteBang,mau tanya, klo nentuin jenis delux,chetak,dan super. Bisa di lihat di nomer rangkanya ga? Biasanya kn klo vespa ,3 huruf awal di nomer rangkanya bisa nentuin jenis vespanya.
ReplyDeleteBang....mau nanya saya pemula dan baru dpt bajaj super 1980 masih 90% orian dan bajaj super memakai lubang 2 apakah kuat bang kalau dibawa nanjak?
ReplyDeleteSaya bersama bajab deluxe th1980 udh 23th,alhmdlhh tidak ada masalah...
ReplyDelete