Hallo mas bro dan mbak bro yang berbahagia ketemu lagi disini. kali ini kita akan membahas Trik murah meriah mengatasi Yamaha Mio J mogok kehilangan Kompresi. Sori mas bro baru update artikel baru ya. Ngomong-ngomong ternyata tidak terasa saiya sudah terlalu lama tidak update artikel, cie cie...(intermezo) curhat dikit ya, beberapa hari ini sedang belajar pasang genting rumah baru, heiya rumah baru blog ini, harapanya biar mas dan mbak semua betah berlama-lana nangkrik dimari,
lanjut..
mas dan mbak bro semua mungkin diantaranya pernah mengalami motor mati mendadak terutama matic injeksi (yamaha mio j atau honda beat fi) biar adil dan fear bro..
mesin mati ini mirip serangan jantung gitu sob, saat lagi riding tiba-tiba mesin mati saja, disetater berulang-ulang tidak mau nyala.
Bahkan di engkol kick staternya tidak hidup jua, terus why sob? gempor dibetis kan?
Nah sama sob saiya beberapa waktu yang lalu juga begono, hehe bahkan enggak hanya sekali, tak hitung-hitung ada dech lebih dari 3 kali, kebetulan maticnya yamaha mio j lansiran tahun 2012..AITAKATA yes...
Lanjut dech...
sebenarnya kejadian yang menimpa itu apa? oke mari dibahas rame-rame sob.
Menurut para pakar permesinan penyakit mati mendadak pada motor matic terutama matic injeksi umumnya dikarenakan lost kompresi aka kehilangan kompresi, Penyebabnya adalah tidak rapatnya klep in atau out. bisa karena overheat mesin, bisa juga karena celah lubang klep berkerak dan terlalu kotornya ruang bakar (halusnya kerak berlebih di sekitar head silinder)
Los kompresi ada tanda-tandanya sob, coba engkol kick staternya jika bablas dan ringan tanpa ada rasa ngganjel (kompresi piston narik) bisa dipastikan lost kompresi..
kalau lokasi mogok deket dengan bengkel dan bawa bekel isi dompet ya tidak ada masalah, tinggal set set tunggu jadi dech. Tapi kalau mogoknya jauh dari bengkel atau dalam perjalanan tidak bawa doku gitu, wah-wah kalau panik jadi tambahberabe nih..
Langsung saja To The Point kalau begitu..
Trik Manjurnya
1. Tenangkan badan dan pikiran dulu sob, sebisa mungkin rilek
2. Cari tempat yang teduh syukur didekat pohon rindang dengan semilir angin aduh...Sempurna!! karena mesin jadi cepet adem hehehe
3. Buka busi dengan kunci busi tapi sebelumnya buka dulu tebeng body penutup mesin, pasti mas dan mbak bro sudah bisa semua to? ya to? to...
4. Diamkan sejenak mesin dengan kop busi terbuka tujuanya agar ruang bakar lebih cepat dingin, sambil menunggu sebaiknya masbro cari sedotan es, loh kenapa sedotan es?
namanya juga trik darurat sob. sebenarnya kalau ada selang kecil dan pipet oli lebih enak..tapi kan lebih sulit kalau tidak dibengkel adanya ya kan...
Lanjuuut....
5. Sediakan oli, bisa oli apa saja terutama oli mesin. Jumlahnya secukupnya saja.
6. Jika tidak ada oli yang ditemukan bagaimana? tenang dulu sob..motor kita pasti membawa oli bukan?nah loh..karena ini keadaan darurat ya bisa dipergunakan bro.. caranya?
Beginilah trik nya
1. Buka tutup bak oli tempat oli mesin dimasukkan, awas jangan malah dibuka tutup oli pembuangan yang menghadap kebawah ya..
2. Pastikan oli mesin di dalam bak mesin masih ada secara cukup
3. Pergunakan sedotan es tadi untuk mengambil oli mesin di bak mesin
4. Jangan disedot ya. Jangan lakukan itu hahaha, prinsip kerjanya pakai hukum vakum sob.. yaitu masukan sedotan ke bak oli secara penuh lalu tutup rapat (harus benar-benar rapat salah satu ujung sedotannya) dan tarik perlahan sedotan dari bak oli dan lihat oli dari mesin ikut terangkut didalam sedotan tadi.
5. Sedotan yang sudah terisi oli tadi dimasukkan ke ruang head silinder melalui lubang busi dan lepaskan ujung sedotannya hingga oli bisa mengalir ke dalam ruang head.
6. Lakukan dengan sabar dan hati-hati agar oli tidak berceceran
7. Kira-kira lakukanlah sekitar 3 sampai 4 kali cara diatas (kira-kira 15 cc oli masuk keruang bakar)
8. Engkol perlahan kick stater (tujuannya agar silinder dan ruang bakar terlumasi oli)
Jangan engkol terlalu keras agar oli tidak muncrat dari lubang busi
9. Pasang kembali busi dan kop businya (mas bro semua soal ini pasti bisalah..hehe)
Dan tahap yang ditunggu-tunggu dimulai..
1. Engkol kick starter dengan menghentak berulang kali secara cepat sambil dipencet tombol stater serta trotle gas dibuka penuh.
2. Lakukan beberapa kali sampai terasa ada kompresinya dan mesin mulai terpancing hidup
3. Jika mesin sudah hidup tahan trotle gas, kira-kira sepertiga putaran sambil dibleyer. Di tahap ini dari ujung knalpot akan keluar asap putih dengan hebatnya..
Lakukanlah sampai mesin lumayan hangat dan asap sedikit berkurang..
Mission done..
lanjutkan perjalanan.. tapi ingat ya bro...ini cara darurat
Sebaiknya setelah sampai rumah atau ketemu bengkel terdekat sebaiknya ruang bakar harus segera dibersihkan syujur skur klep sekalian.
Kalau dilakukan sendiri dirumah bisa juga.. caranya pakai cairan pembersih ruang bakar biasanya spray foam gitu modelnya. merknya macem-macem banyak dijual di toko sparepart kok sob.
Soal cara penggunaannya bisa disesuaikan seperti di petunjuk pemakaian.
nah demikian mas bro dan mbak bro..trik murah meriah mengatasi motor matic mogok hilang kompresi. Semoga bermanfaat dan tetap tenang selama perjalanan...
Salam usil...
lanjut..
mas dan mbak bro semua mungkin diantaranya pernah mengalami motor mati mendadak terutama matic injeksi (yamaha mio j atau honda beat fi) biar adil dan fear bro..
mesin mati ini mirip serangan jantung gitu sob, saat lagi riding tiba-tiba mesin mati saja, disetater berulang-ulang tidak mau nyala.
Bahkan di engkol kick staternya tidak hidup jua, terus why sob? gempor dibetis kan?
Nah sama sob saiya beberapa waktu yang lalu juga begono, hehe bahkan enggak hanya sekali, tak hitung-hitung ada dech lebih dari 3 kali, kebetulan maticnya yamaha mio j lansiran tahun 2012..AITAKATA yes...
Lanjut dech...
sebenarnya kejadian yang menimpa itu apa? oke mari dibahas rame-rame sob.
Menurut para pakar permesinan penyakit mati mendadak pada motor matic terutama matic injeksi umumnya dikarenakan lost kompresi aka kehilangan kompresi, Penyebabnya adalah tidak rapatnya klep in atau out. bisa karena overheat mesin, bisa juga karena celah lubang klep berkerak dan terlalu kotornya ruang bakar (halusnya kerak berlebih di sekitar head silinder)
Los kompresi ada tanda-tandanya sob, coba engkol kick staternya jika bablas dan ringan tanpa ada rasa ngganjel (kompresi piston narik) bisa dipastikan lost kompresi..
kalau lokasi mogok deket dengan bengkel dan bawa bekel isi dompet ya tidak ada masalah, tinggal set set tunggu jadi dech. Tapi kalau mogoknya jauh dari bengkel atau dalam perjalanan tidak bawa doku gitu, wah-wah kalau panik jadi tambahberabe nih..
Langsung saja To The Point kalau begitu..
Trik Manjurnya
1. Tenangkan badan dan pikiran dulu sob, sebisa mungkin rilek
2. Cari tempat yang teduh syukur didekat pohon rindang dengan semilir angin aduh...Sempurna!! karena mesin jadi cepet adem hehehe
3. Buka busi dengan kunci busi tapi sebelumnya buka dulu tebeng body penutup mesin, pasti mas dan mbak bro sudah bisa semua to? ya to? to...
4. Diamkan sejenak mesin dengan kop busi terbuka tujuanya agar ruang bakar lebih cepat dingin, sambil menunggu sebaiknya masbro cari sedotan es, loh kenapa sedotan es?
namanya juga trik darurat sob. sebenarnya kalau ada selang kecil dan pipet oli lebih enak..tapi kan lebih sulit kalau tidak dibengkel adanya ya kan...
Lanjuuut....
5. Sediakan oli, bisa oli apa saja terutama oli mesin. Jumlahnya secukupnya saja.
6. Jika tidak ada oli yang ditemukan bagaimana? tenang dulu sob..motor kita pasti membawa oli bukan?nah loh..karena ini keadaan darurat ya bisa dipergunakan bro.. caranya?
Beginilah trik nya
1. Buka tutup bak oli tempat oli mesin dimasukkan, awas jangan malah dibuka tutup oli pembuangan yang menghadap kebawah ya..
2. Pastikan oli mesin di dalam bak mesin masih ada secara cukup
3. Pergunakan sedotan es tadi untuk mengambil oli mesin di bak mesin
4. Jangan disedot ya. Jangan lakukan itu hahaha, prinsip kerjanya pakai hukum vakum sob.. yaitu masukan sedotan ke bak oli secara penuh lalu tutup rapat (harus benar-benar rapat salah satu ujung sedotannya) dan tarik perlahan sedotan dari bak oli dan lihat oli dari mesin ikut terangkut didalam sedotan tadi.
5. Sedotan yang sudah terisi oli tadi dimasukkan ke ruang head silinder melalui lubang busi dan lepaskan ujung sedotannya hingga oli bisa mengalir ke dalam ruang head.
6. Lakukan dengan sabar dan hati-hati agar oli tidak berceceran
7. Kira-kira lakukanlah sekitar 3 sampai 4 kali cara diatas (kira-kira 15 cc oli masuk keruang bakar)
8. Engkol perlahan kick stater (tujuannya agar silinder dan ruang bakar terlumasi oli)
Jangan engkol terlalu keras agar oli tidak muncrat dari lubang busi
9. Pasang kembali busi dan kop businya (mas bro semua soal ini pasti bisalah..hehe)
Dan tahap yang ditunggu-tunggu dimulai..
1. Engkol kick starter dengan menghentak berulang kali secara cepat sambil dipencet tombol stater serta trotle gas dibuka penuh.
2. Lakukan beberapa kali sampai terasa ada kompresinya dan mesin mulai terpancing hidup
3. Jika mesin sudah hidup tahan trotle gas, kira-kira sepertiga putaran sambil dibleyer. Di tahap ini dari ujung knalpot akan keluar asap putih dengan hebatnya..
Lakukanlah sampai mesin lumayan hangat dan asap sedikit berkurang..
Mission done..
lanjutkan perjalanan.. tapi ingat ya bro...ini cara darurat
Sebaiknya setelah sampai rumah atau ketemu bengkel terdekat sebaiknya ruang bakar harus segera dibersihkan syujur skur klep sekalian.
Kalau dilakukan sendiri dirumah bisa juga.. caranya pakai cairan pembersih ruang bakar biasanya spray foam gitu modelnya. merknya macem-macem banyak dijual di toko sparepart kok sob.
Soal cara penggunaannya bisa disesuaikan seperti di petunjuk pemakaian.
nah demikian mas bro dan mbak bro..trik murah meriah mengatasi motor matic mogok hilang kompresi. Semoga bermanfaat dan tetap tenang selama perjalanan...
Salam usil...
-
Mantap
ReplyDeletemantab sangad ymjet fi ini
ReplyDeleteyoi bang..
DeleteTapi beberapa hari kemudian pasti motor mio j bakal hilang kompresi lagi min.. ane lagi ngalamin sekarang.. udah 4x ane pake cara itu, dan hasinya selang 2 hari mati mrndadak lagi (hilang kompresi)
ReplyDeletebetul bang, cara ini tidak dianjurkan untuk dilakukan berulang-ulang. amannya sih sesegera mungkin diskir ulang klepnya dan dibersihkan ruang bakarnya. terima kasih sudah mampir
ReplyDeleteMotor saya soul gt 2012 mogok berkali kali kasusnya sama, yaitu kompresi hilang. Banyak sekali yang mengalami masalah ini, kok kalah ya sama astrea grand saya 1995 yg gak pernah mogok, memang motor mio j soul gt mio gt itu ringkih sekaliesin nya, pemakaian 2 tahun dgn jarak 29rb mogak mogok terus
ReplyDeleteSudah skur klep ttep sering mogak mogok akhirnya saya jual tukar tambah
kalau menurut saya mio j series dan beat fi generasi awal memang sedikit manja soal kebersihan ruang bakar, terutama pada bagian kop tempat klep bernaung. makanya 2 bulan sekali dianjurkan dikasih cairan carbon cleaner.
ReplyDeletesuwon sudah mampir dan berbagi pengalaman
makasih infonya sungguh bermanfaat krn sy jg pake mio j yg suka rewel
ReplyDeletesama-sama bang
DeleteBang mau nanya motor saya mio j th 2013 klo aki tekor apakah berpengaruh sama injeksinya trimakasih
ReplyDeleteklo aki tekor pada motor injeksi kinerja pompa bensin pasti terganggu bang. efeknya semburan tekanan bensin keinjektor kurang masksimal (lemah). selain itu pasti ada pengaruh ke ECUnya
DeleteDan motor saya klo habis di cuci pasti gak mau nyala itu knp y? Mohon pencerahaanya
ReplyDeletekop busi paling bocor sehingga kemasukan air bang, klo ga ya swich stater kotor karena basah.
DeleteBang klo pas nanjak sya bejek gas tau tau mati mesin itu kenapa ya aki sya baru 1bl ganti saya stater nga mau saya sela keras. Jadi binggung dah.mohon penjelasanya.
ReplyDeletewaduh ruwet juga ya..kayaknya mesti diservice dan ducek juga bagian injector dan kelistrikanya bang
Deletekalo jalan langsam normal tp nanjak mati pengalaman saya itu krn masalah bahan bakar.. saya ganti bahan bakar pertamax langsung lancar... kalo stater gak mau kalo tak ada reaksi sama sekali kemungkinan kabel kelistrikan.. tapi kalo masih ada reaksi tapi terhenti motor staternya berarti kul bostel motor stater habis.. minta ganti..
ReplyDeleteNah patut dicoba ini..
DeleteCara ini disebut cuak oli mancing mtor hdup dgn cara dbkasih oli
ReplyDeleteIyes....
DeleteMio j sya akinya cepat soak bang udah 2x ganti aki sama kiprok tetep jg.. Kira2 knpa ya
ReplyDeleteKayaknya aki cepet drop dan soak memang jadi masalah klasik di mio j mas, kata temen bengkel dinamo stater mio j memang butuh daya lebih besar,apalagi kalau komponen di dinamo stater sudah mulai kemakan usia.
Deletesolusi lain bisa akai aki kering yang punya amper lebih besar dibanding aki standar. lupa saya merk akinya
Saya pernah ngalamin kaya gitu berkali kali, akirnya bawa ke bengkel, dibersihin keraknya, dan ini udah sekitar 3 tahun gak pernah macet lagi
ReplyDeletesuip om, tinggal maintenance pakai carboncleaner secara berkala saja kayaknya sudah tambah aman juga om
DeleteBrapa bulan skli bos pke carbon cleaner?
ReplyDeleteBang mio j saya nyala starter nya cuma selaan nya bang lose. Tadi nya ga los bang. Cuma awal nya tu mtr tiba tiba mati pas saya cek buka busi trs di bersihin sama selang yg kaya pembuangan angin gtubbang nyambung ke mesin tapi ke kotak itu bang sebelah kiri nama nya apa gatau. Nah pas saya buka dan bersihin kedua nya malah mati bang skrg. Trs selaan nya los. Mohon bang pencerahan nya. Bantuan nya. Trmksh.
ReplyDelete