Review Mio J Kencang Topspeed Tembus 120kpj

January 18, 2018 11 Comments
Berjumpa lagi di artikel seputar roda dua mas bro semua, bahan obrolan kali ini seputar bagaimana cara agar yamaha mio j agar bisa kencang, bahkan bisa tembus topspeed 120 km/jam on spido. weis cadas bro...

namun sebelum melangkah pada pembahasan sedikit saya preview speck matic Aitakata ini sob..


Motor matik injeksi pertama keluaran yamaha Indonesia ini di awal kelahirannya sempat mengguncangkan jagat motor matic Indonesia 2012. Revolusi mesin baru klan mio series dengan pengabutan fuel injecsi ini seolah ingin mematahkan pandangan umum bahwa motor matic itu boros bahan bakar. 

konsumsi bahan bakar mio j rata-rata berkisar 55-60 km/liter pertalite cukup menggoda di tahun itu.
Lanjut ke topik utama bro...

Kebetulan di rumah ada unit mio j lansiran 2012 standar, melihat masa baktinya yang sudah menginjak usia lebih dari 5 tahun, pasti banyak part yang sudah memasuki usia ganti. benar saja tarikan mulai loyo, getar dan topspeed mentok 80km. apalagi selama ini mio j ini saya ajak wara-wiri jogja-solo hampir tiap hari.

Hingga beberapa waktu yang lalu saya putuskan untuk meremajakan mesin mio j ini. ternyata eh ternyata seher beserta linernya sudah baret walah...alamat ini, tahu sendiri kan boring mio j ini memakai bahan diasyl dan piston seher forged sehingga kalau seher sudah baret secara otomatis linernya boringnya akan ikut tergores juga. celakanya boring mio j tidak bisa di korter langsung bro. kalau ganti seher harus sekalian ganti boring satu set. perkiraan biaya sekitar 500-600rb. yaelah..

Setelah berburu info sana sini saya dapat kabar segar, ternyata boring asli masih bisa digunakan bro, yaitu dengan overboss alias ganti liner punyaknya mio lawas kemudian dikorter ulang. karena sudah kepalang tanggung mio j ini sekalian di oversize 100 pakai seher honda beat. hmmm bagaimana hasilnya? yooi sob mantab...akselerasi makin sip dan tentunya topspeed lumayan terkerek.

Rubahan diatas plus penggunaan roller 10gr  untuk menggapai topspeed 120/km cukup mudah bro,.

Nah berikut spesifikasi rubahanya
1. Roller 10gram NKS (bisa pakai original punya xeon rc atau merk lain kawahara, koso, TDR dll sesuaikan budget)
2. V-belt standar
3. Busi Standar
4. ECU Standart
5. Rumah Roller variasi
6. Per CVT standar hanya diganjal dengan O-ring 3 biji
7. Seher beat overzise 100
8. Co +5

Oiya sedikit menambahkan karena mesin sudah oversize alangkah syahdunya apabila oli mesin sering-sering dicek, karena suhu mesin biasanya lebih tinggi sehingga mempercepat penguapan oli mesinya bro, atau paling tidak setiap 2500 km oli mesin sebaiknya di ganti. 
Begitulah setidaknya sedikit tips ringan dari ane agar mio j bisa enteng libas 120 km/jam, Sekian dari saiya , semoga bermanfaat




Trik murah meriah mengatasi Yamaha Mio J mogok kehilangan kompresi

January 17, 2018 25 Comments
Hallo mas bro dan mbak bro yang berbahagia ketemu lagi disini. kali ini kita akan membahas Trik murah meriah mengatasi Yamaha Mio J mogok kehilangan Kompresi. Sori mas bro baru update artikel baru ya. Ngomong-ngomong ternyata tidak terasa saiya sudah terlalu lama tidak update artikel, cie cie...(intermezo) curhat dikit ya, beberapa hari ini sedang belajar pasang genting rumah baru, heiya rumah baru blog ini, harapanya biar mas dan mbak semua betah berlama-lana nangkrik dimari,

lanjut..

mas dan mbak bro semua mungkin diantaranya pernah mengalami motor mati mendadak terutama matic injeksi (yamaha mio j atau honda beat fi) biar adil dan fear bro..
mesin mati ini mirip serangan jantung gitu sob, saat lagi riding tiba-tiba mesin mati saja, disetater berulang-ulang tidak mau nyala.
Bahkan di engkol kick staternya tidak hidup jua, terus why sob? gempor dibetis kan?

Nah sama sob saiya beberapa waktu yang lalu juga begono, hehe bahkan enggak hanya sekali, tak hitung-hitung ada dech lebih dari 3 kali, kebetulan maticnya yamaha mio j lansiran tahun 2012..AITAKATA yes...

Lanjut dech...
sebenarnya kejadian yang menimpa itu apa? oke mari dibahas rame-rame sob.
Menurut para pakar permesinan penyakit mati mendadak pada motor matic terutama matic injeksi umumnya dikarenakan lost kompresi aka kehilangan kompresi, Penyebabnya adalah tidak rapatnya klep in atau out. bisa karena overheat mesin, bisa juga karena celah lubang klep berkerak dan terlalu kotornya ruang bakar (halusnya kerak berlebih di sekitar head silinder)

Los kompresi ada tanda-tandanya sob, coba engkol kick staternya jika bablas dan ringan tanpa ada rasa ngganjel (kompresi piston narik) bisa dipastikan lost kompresi..
kalau lokasi mogok deket dengan bengkel dan bawa bekel isi dompet ya tidak ada masalah, tinggal set set tunggu jadi dech. Tapi kalau mogoknya jauh dari bengkel atau dalam perjalanan tidak bawa doku gitu, wah-wah kalau panik jadi tambahberabe nih..

Langsung saja To The Point kalau begitu..

Trik Manjurnya

1. Tenangkan badan dan pikiran dulu sob, sebisa mungkin rilek
2. Cari tempat yang teduh syukur didekat pohon rindang dengan semilir angin aduh...Sempurna!!           karena mesin jadi cepet adem hehehe
3. Buka busi dengan kunci busi tapi sebelumnya buka dulu tebeng body penutup mesin, pasti mas dan     mbak bro sudah bisa semua to? ya to? to...
4. Diamkan sejenak mesin dengan kop busi terbuka tujuanya agar ruang bakar lebih cepat dingin,           sambil menunggu sebaiknya masbro cari sedotan es, loh kenapa sedotan es?
    namanya juga trik darurat sob. sebenarnya kalau ada selang kecil dan pipet oli lebih enak..tapi kan     lebih sulit kalau tidak dibengkel adanya ya kan...
Lanjuuut....

5. Sediakan oli, bisa oli apa saja terutama oli mesin. Jumlahnya secukupnya saja.
6. Jika tidak ada oli yang ditemukan bagaimana? tenang dulu sob..motor kita pasti membawa oli             bukan?nah loh..karena ini keadaan darurat ya bisa dipergunakan bro.. caranya?

Beginilah trik nya


1. Buka tutup bak oli tempat oli mesin dimasukkan, awas jangan malah dibuka tutup oli pembuangan     yang menghadap kebawah ya..
2. Pastikan oli mesin di dalam bak mesin masih ada secara cukup
3. Pergunakan sedotan es tadi untuk mengambil oli mesin di bak mesin
4. Jangan disedot ya. Jangan lakukan itu hahaha, prinsip kerjanya pakai hukum vakum sob.. yaitu           masukan sedotan ke bak oli secara penuh lalu tutup rapat (harus benar-benar rapat salah satu ujung     sedotannya) dan tarik perlahan sedotan dari bak oli dan lihat oli dari mesin ikut terangkut didalam       sedotan tadi.
5. Sedotan yang sudah terisi oli tadi dimasukkan ke ruang head silinder melalui lubang busi dan             lepaskan ujung sedotannya hingga oli bisa mengalir ke dalam ruang head.
6. Lakukan dengan sabar dan hati-hati agar oli tidak berceceran
7. Kira-kira lakukanlah sekitar 3 sampai 4 kali cara diatas (kira-kira 15 cc oli masuk keruang bakar)
8. Engkol perlahan kick stater (tujuannya agar silinder dan ruang bakar terlumasi oli)
    Jangan engkol terlalu keras agar oli tidak muncrat dari lubang busi
9. Pasang kembali busi dan kop businya (mas bro semua soal ini pasti bisalah..hehe)

Dan tahap yang ditunggu-tunggu dimulai..

1. Engkol kick starter dengan menghentak berulang kali secara cepat sambil dipencet tombol stater         serta trotle gas dibuka penuh.
2. Lakukan beberapa kali sampai terasa ada kompresinya dan mesin mulai terpancing hidup
3. Jika mesin sudah hidup tahan trotle gas, kira-kira sepertiga putaran sambil dibleyer. Di tahap ini         dari ujung knalpot akan keluar asap putih dengan hebatnya..
Lakukanlah sampai mesin lumayan hangat dan asap sedikit berkurang..

Mission done..
lanjutkan perjalanan.. tapi ingat ya bro...ini cara darurat
Sebaiknya setelah sampai rumah atau ketemu bengkel terdekat sebaiknya ruang bakar harus segera dibersihkan syujur skur klep sekalian.
Kalau dilakukan sendiri dirumah bisa juga.. caranya pakai cairan pembersih ruang bakar biasanya spray foam gitu modelnya. merknya macem-macem banyak dijual di toko sparepart kok sob.

Soal cara penggunaannya bisa disesuaikan seperti di petunjuk pemakaian.


nah demikian mas bro dan mbak bro..trik murah meriah mengatasi motor matic mogok hilang kompresi. Semoga bermanfaat dan tetap tenang selama perjalanan...

Salam usil...



-        

Tikungan Irung Petruk, destinasi gardu pandang asyik untuk melihat kota boyolali dan solo

January 13, 2018 Add Comment

Mendengar  namanya pasti bayangan  kita akan tertuju pada salah satu tokoh punokawan dalam pewayangan. Irung Petruk merupakan sebuah tikungan dijalur Solo-Selo-Borobudur,  tepatnya di salah satu tikungan melengkung tertajam diruas jalur ini yaitu sekitar 2,5 Km dari Pasar Cepogo. Kalau dilihat landmark peta di google map jalur ini merupakan jalur penuh kelokan kan tepat di lokasi irung Petruk memang mirip seperti seperti bentuk hidung mancung yaitu tikungan balik 180 derajat atau tusuk konde.



Dipilihnya nama Petruk untuk tempat ini tidak lepas dari cerita legendaris tokoh dimasa lampau yang tinggal disekitar lokasi ini, namannya Mbah Petruk. Beliau adalah salah satu tokoh penyebar agama Islam di wilayah Selo. Selain itu penempatan patung Petruk ditikungan ini menurut warga sekitar sebagai tanda atau tetenger tikungan yang tajam agar pengguna jalan lebih waspada..

Lanjut....
Tikungan Irung Petruk di hari libur cukup banyak kawula muda dan para petouring yang mendatangi tempat ini untuk menikmati pemandangan sekaligus melakukan selfie dengan latar belakang patung Petruk, jika sobat hobi foto-foto dan selfi- dijamin bakal kalap kamera. Asli view bentang alam dari tempat ini super super keren apalagi saat pagi, maksudnya melihat sunrise sob..hmmm jadi betah banget berlama-lama.

Menikmati suasana alam di irung Petruk kurang lengkap kalau tidak ngopi cantik sob, tenang disekitar lokasi ada warung kopi kok, tapi kopi instan lho ya, dan tidak lupa tentunya gorengan tempe jumbo apalagi pas masih hangat wow... cocok.. harganya? Jangan kawatir ini Boyolali bro..

Sayang seribu sayang saat ini banyak sekali coretan yang ditemukan di sekitar patung Petruk. Bahkan sering ditemukan sampah yang berserakan di sekitar patung. Yaahhh..ayo dong gaes budayakan tertip kebersihan, kita jaga hadiah Tuhan yang indah ini biar anak cucu kita kelak tetap bisa menikmati indahnya tempat ini...

Lanjut....
Mengunjungi tempat ini , kalau menurut saya feel-nya jalan-jalan lebih dapet kalau naik motor, kenapa? Sensasi meliuk liuk dan tanjakan lumayan ekstrim di padu bentang alam yang adem dimata jauh lebih terasa nikmatnya..

Nah kalau sobat semua penasaran ingin ketempat ini ada beberapa tips
1. Pastikan mesin kendaraan dalam keadaan sehat dan prima
2. Rem di pastikan bekerja dengan baik dan pakem
3. Kurang dianjurkan menggunakan motor matic apalagi boncengan (sebenarnya fine-fine saja cuma biasanya sedikit memaksa full trotle)


Demikian ulasan tempat asyik dan nge-hits di boyolali, semoga bermanfaat dan berguna... Salam piknik...

Featured Post

Nostalgia Sepeda Jengki Phoenix, sepeda China yang dimiliki hampir seluruh keluarga Indonesia

                    Pertengahan tahun 1965 Presiden pertama RI Soekarno pernah menumpahkan kekesalanya pada budaya barat yang mulai tersemai...

Artikel lainya gan..