Tikungan Irung Petruk, destinasi gardu pandang asyik untuk melihat kota boyolali dan solo

January 13, 2018 Add Comment

Mendengar  namanya pasti bayangan  kita akan tertuju pada salah satu tokoh punokawan dalam pewayangan. Irung Petruk merupakan sebuah tikungan dijalur Solo-Selo-Borobudur,  tepatnya di salah satu tikungan melengkung tertajam diruas jalur ini yaitu sekitar 2,5 Km dari Pasar Cepogo. Kalau dilihat landmark peta di google map jalur ini merupakan jalur penuh kelokan kan tepat di lokasi irung Petruk memang mirip seperti seperti bentuk hidung mancung yaitu tikungan balik 180 derajat atau tusuk konde.



Dipilihnya nama Petruk untuk tempat ini tidak lepas dari cerita legendaris tokoh dimasa lampau yang tinggal disekitar lokasi ini, namannya Mbah Petruk. Beliau adalah salah satu tokoh penyebar agama Islam di wilayah Selo. Selain itu penempatan patung Petruk ditikungan ini menurut warga sekitar sebagai tanda atau tetenger tikungan yang tajam agar pengguna jalan lebih waspada..

Lanjut....
Tikungan Irung Petruk di hari libur cukup banyak kawula muda dan para petouring yang mendatangi tempat ini untuk menikmati pemandangan sekaligus melakukan selfie dengan latar belakang patung Petruk, jika sobat hobi foto-foto dan selfi- dijamin bakal kalap kamera. Asli view bentang alam dari tempat ini super super keren apalagi saat pagi, maksudnya melihat sunrise sob..hmmm jadi betah banget berlama-lama.

Menikmati suasana alam di irung Petruk kurang lengkap kalau tidak ngopi cantik sob, tenang disekitar lokasi ada warung kopi kok, tapi kopi instan lho ya, dan tidak lupa tentunya gorengan tempe jumbo apalagi pas masih hangat wow... cocok.. harganya? Jangan kawatir ini Boyolali bro..

Sayang seribu sayang saat ini banyak sekali coretan yang ditemukan di sekitar patung Petruk. Bahkan sering ditemukan sampah yang berserakan di sekitar patung. Yaahhh..ayo dong gaes budayakan tertip kebersihan, kita jaga hadiah Tuhan yang indah ini biar anak cucu kita kelak tetap bisa menikmati indahnya tempat ini...

Lanjut....
Mengunjungi tempat ini , kalau menurut saya feel-nya jalan-jalan lebih dapet kalau naik motor, kenapa? Sensasi meliuk liuk dan tanjakan lumayan ekstrim di padu bentang alam yang adem dimata jauh lebih terasa nikmatnya..

Nah kalau sobat semua penasaran ingin ketempat ini ada beberapa tips
1. Pastikan mesin kendaraan dalam keadaan sehat dan prima
2. Rem di pastikan bekerja dengan baik dan pakem
3. Kurang dianjurkan menggunakan motor matic apalagi boncengan (sebenarnya fine-fine saja cuma biasanya sedikit memaksa full trotle)


Demikian ulasan tempat asyik dan nge-hits di boyolali, semoga bermanfaat dan berguna... Salam piknik...

Trik Pasang Koil mobil di Scooter Bajaj atau Vespa..Wow Galak Tarikanya

January 11, 2018 Add Comment

Hallo mas bro semua...ketemu lagi disini, bagaimana kabarnya?sehat semua kan..oke oke
Lanjut...artikel kali ini saiya akan sedikit berbagi tips memasang koil mobil untuk scooter Bajaj. Loh loh loh.. kenapa koil mobil mas bro? Tenang...karena tip ini versi hemat dan murah meriah jadi ya..maenya ya barang sekend..


Ngomongin soal koil, part ini memegang peran yang sangat penting untuk sebuah mesin kendaraan. Bisa dibilang pengapian tidak sempurna tanpa didukung koil yang sehat, karena peran koil inilah sumber listrik yang dihasilkan oleh spul bisa terhantar dengan sempurna di ujung busi..kira2 begitu gambarannya..hehehe

Scoter bajaj dan vespa terutama untuk tahun  lama.pasti part part bawaan aslinya sudah tertegerus usia..(Halah Halah)...yaiyalah lha usianya saja sudah puluhan tahun..
Part part kelistrikan sering kali sudah mengibarkan bendera putih alias menyerah..cilakanya bro...untuk mengganti yang original tentu perlu effort lebih... ujung-ujungnya lak keluar anggaran lg, tahu sendiri lah part motor lawas harganya siluman.. alternatif lainya ya beli sekend..nah ini Maslah kedua..untuk koil sekend yang original pun milihnya enggak gampang juga..Bejo kalau dapat yang masih oke...lha kalau ternyata masa pakainya juga pendek kan cilaka ya too...
Hehehe (kebanyakan he he he) tapi ndak apa-apa sob...masih banyak jalan ke Roma..
Nah salah satu pilihan koil yang bisa digunakan adalah koil mobil...
Tapi dengan catatan koil mobil yang sudah lemah lho ya.. biasanya koil mobil sekend..
Sebelum ke eksekusi baiknya di ketahui dulu diaknosa koil vespa atau bajaj atau scooter kesayangan kita mulai ada tanda-tanda lemah koil...

Ciri-cirinya
1. Kalau mesin mulai panas, setelah dipakai beberapa km muncul tanda-tanda brebet terkadang disertai suara meletup, seperti busi yang akan mati..
2.ketika di cek api businya kecil bahkan kadang hilang kadang ada
3. Ketika mesin sudah mulai dingin di selah bisa nyala dan stasioner tapi brebet ketika trotle gas dipelintir setengah ke atas (kebanyakan kasus muncul lagi suara meletup)
4. Kerenggangan busi selalu minta lebih rapat dari normalnya.
5. Untuk yang masih pakai platina kerenggangan platina jika disetel standar api tidak keluar, dan jika disetel rapat api busi ada tapi kecil warnanya merah dan pasti dinyalakan atau di engkol susah nyala mesinnya..

Itu ciri-cirinya mungkin mas bro dan master suhu vespa mau memberikan masukan dan tambahan Monggo di share dikolom komentar ya..hehehe kita bagi-bagi ilmu dan pengalamannya biar tambah sayang sama scooter kita... hehehehe

Nah...untuk memilih koil mobil yang sesuai untuk vespa dan bajaj (sebenarnya sama saja) pertama yang harus diperhatikan yaitu :

1. Koil seyogyanya sekend atau setidaknya sudah sedikit lemah
2. Koil yang bisa digunakan adalah mobil yang masih pakai karburator berbagai pengabut bahan bakarnya
3. Usahakan pakai punya Mitsubishi colt t atau L300 lawas, atau kijang lawas..(pertimbangan harga)

Untuk harganya bisa bervariasi di pasar loak sebagai ancer-ancer harga sekitar 20.000 sampai 30.000 rupiah, dan usahakan. Sekalian sama kabel businya..
Untuk pemasangan koil tidak ada perbedaan, cuma ada sedikit penyesuaian di dudukan saja, usahakan pemasangan tidak merusak crankcase, masih bisa kok memakai dudukan lubang baut koil bawaan..
Selain itu perlu diperhatikan adalah koil mobil itu ada dua baut untuk arusnya. Yang ada tanda (-) harus di hubungkan ke body mesin atau ground bisa menggunakan kabel
Sedang tanda (+) seperti biasa digunakan ke arah spul api.
Nah untuk detail pemasangan serta ujicobanya bisa dilihat di video ini


https://www.youtube.com/watch?v=y5lYkavSgNY



Demikian trik penggunaan koil mobil di bajaj atau vespa,semoga bisa menjadi manfaat dan bahan perenungan mas bro semua... halah halah...
Kalau ada kukurangan dan pertanyaan bisa lanjut di kolom komentar yak...kita diskusi cyantik.....suwon

Salam kunci busi...muach...

Klaten Surganya Soto

January 08, 2018 Add Comment
Hallo mas bro mbak bro semua.. ketemu lagi disini, hhmm lama nggak post artikel, baru semedi cari wangsit nih..he he he..Landjut...
kali ini saya mau membahas masalah kuliner, tempat jajan dan yang berhubungan dengan selera (laaapaar..he he) pastinya yang budgetnya hemat-hemat lah...nah targetnya menu berkuah yang banyak disukai seantero masyarakat Indonesia...(woow) yaitu SOTO.

Kuliner soto saoto atau beberapa nama turunan lainya yang merujuk pada menu makanan berkuah kaldu dengan suiran daging dan potongan sayur kol, touge dan dan mie putih (gak semua ada) serta irisan seledri dan taburan bawang goreng...hhmhmh yummy..

di kota klaten mencari menu soto itu sangat mudah, dan banyak dijumpai. mulai dari warung kecil sampai warung besar kusus soto banyak dijumpai. ga peduli pagi, siang sampai malam pasti ada. 

nah salah satu yang lagi hits di kota klaten yaitu warung soto Kwali Pak Suryo. lokasinya agak dlesep sih, yaitu di desa sekalekan (tidak jauh dari tempat makam kyai Melati) kalau dari Jalan pemuda klaten sebelah selatan -alun klaten ada perempatan kecil ambil jalan ke kiri alias ketimur. kira-kira 200an meter warung soto ini sudah terlihat. cukup ramai pengunjungnya terutama saat pagi dan diakhir pekan. 


lazimnya soto, penyajian soto di warung ini menggunakan mangkuk cembung kecil. sebenarnya ada dua pilihan soto yang disajikan, tergantung porsinya yaitu soto kecil dan soto besar. yang membedakan hanya ukuran mangkuknya, dan pastinya tarif harganya  he he he..

Satu mangkuk soto kecil harganya Rp.3000 saja sedang mangkuk besar Rp. 5000. selain soto pasti juga ada beranekaragam (heh kayak toko pakaian :) ) gorengan seperti tahu, tempe, bakwan, sate usus, sosis tusuk goreng daaaaan kerupuk, harganya standard lah...
nah...penasaran?warung ini cuma buka dari pagi sampai sore gaes...

Landjut gan.....
Nah...kalau mau cari soto di malam hari...ini nih tempatnya..sangat legend pokoknya.
dan menurut saya warung ini sangat ledendaris di klaten sisi timur khususnya daerah kecamatan Cawas...
namanya Soto Chotin atau jamak disebut "Soto Tengah Pasar Cawas. 
Sesuai dengan sebutan namanya lokasi warung soto ini berada di dalam pasar Cawas Klaten. 
jam operasional warung soto ini hanya malam hari bro...yaitu pukul 19.00 sampai soto habis, yaa kira-kira tutup sekitar jam 03.00 pagi. he he jangan ngarep warung soto ini buka pagi ya..soalnya kalau pagi tempat warung ini berfungsi sebagai los pasar.hmmmz
Setiap malam warung yang lokasinya tepat disebelah pintu masuk pasar cawas ini selalu ramai sesak dengan pengunjung. 
Selain rasanya yang ajib minuman spesialnya juga mantap yaitu teh poci tubruk. uniknya wadah gelas dan pocinya terbuat dari tanah liat. awesome dach...

Oiya satu lagi soal harga, banderol seporsi soto dan sepaket teh poci tubruk di warung ini yang membikin terkejut!!! asli murah bingit.

ahh jadi pengin soto..

Featured Post

Nostalgia Sepeda Jengki Phoenix, sepeda China yang dimiliki hampir seluruh keluarga Indonesia

                    Pertengahan tahun 1965 Presiden pertama RI Soekarno pernah menumpahkan kekesalanya pada budaya barat yang mulai tersemai...

Artikel lainya gan..