Pantai Watu Bolong Gunung Kidul, Pantai Eksotik dengan Hamparan Padang Hijau

March 24, 2019
Gugusan pantai di sisi selatan kabupaten Gunung Kidul yang ngrenteng berderet-deret sepertinya tak habis-habis menggurat cerita. ada saja cerita unik yang tersaji setiap kali menyapa pantai-pantai kota Tiwul ini. ada satu pantai yang masih sedikit asing dan tersembunyi tetapi layak di jadikan tujuan ngetrip tipis-tipis. diantaranya adalah Pantai Watu Bolong yang berlokasi di Jalan Drini Tim, Banjarejo, Tanjungsari, Gunung Kidul.

Team hore hore

Pantai ini terbilang masih baru dan belum banyak terjamah. Tidak seperti pantai BKK (Baron, Krakal, Kukup) yang setiap akhir pekan dan musim liburan dipenuhi para pelancong, Pantai Watu Bolong sepertinya masih bibiarkan sendirian menyepi.

Beda ceritanya bagi penggila ngechamp di pantai, pasti tak asing dengan pantai Watu Bolong. istilahnya pantai ini sangat "ngechampable"
Lokasi pantai Watu Bolong terbilang nyempil dan tak terlalu luas. Terselib di antara pantai Ngrumput dan pantai Drini dan terkungkung dua bukit dan tebing yang cukup tinggi di kedua sisinya, mungkin hal ini yang membuat tempat ini jarang tersinggahi. salah satu bukit bukit yang menjulang itu adalah bukit Kosakora yang sudah kondyang duluan.
"Padang savana" sekaligus champing ground

Bibir pantai berpasir putih bersih serta terdapat banyak batu karang yang tersebar lengkap dengan satwa endemiknya membuat pantai Watu Bolong sangat eksotik dan cocok untuk memanjakan mata. Apalagi di sisi kanan terdapat gugusan karang besar berlubang dan berongga (bolong-bolong) sepertinya menambah kesyahduan saat menuntaskan moment sunset.

aih... kalau manteman ingin ciblon bin kungkum, wah kurang yo'i deh kayaknya. apalagi pas ombak sedang besar, bisa-bisa malah babak bundas badanya.

Satu lagi yang unik dari pantai Watu Bolong dan mungkin tak banyak dimiliki pantai-yang lain yaitu adanya hamparan padang rumput layaknya sabana belantara yang lumayan luas.
jadi ingat lapangan di serial film Teletubbies itu lho..berpelukaaaaan****

Nah tanah lapang ini biasanya dijadikan tempat ngecamp atau kamping yang asyik. selain itu tempatnya yang datar dan lebih tinggi dari bibir pantai membuat pantai watu bolong sangat ideal untuk aktifitas kamping karena aman dari terjangan air laut saat pasang.

Akses menuju pantai Watu Bolong
Karena lokasi pantai yang lumayan masuk ke dalam terutama dari jalan besar (Jalan Drini Tim) dan masih satu jalur dengan arah menuju pantai Ngrumput. Akses masuk area pantai dari lokasi parkiran masih berupa jalan setapak, naik turun pematang bebatuan dan melewati Tegalan atau kebun warga.
Jika belum pernah datang kesini, menyusuri jalan setapak menjadikan perjalanan seperti tebak-tebakan berhadiah. Apalagi kalau kurang beruntung alias nyasar bisa-bisa tujuan ke pantai Watu Bolong malah ketemunya pantai Ngrumput. begitu juga sebaliknya. waduh..
sebaiknya bertanya ke penduduk sekitar saja deh..


Tumbak cucukan, mencari jejak di jalan setapak

Seperti cerita pengalaman tak sengaja beberapa waktu lalu, saat ber Ri'lah bersama manteman dari gank perahu jogja. Tujuan awalnya ke pantai Ngrumput, eealah karena terlalu bersemangat malah nyasar ke pantai Watu Bolong.



Beruntung banyak hikmah yang didapat, dengan salah tujuan tersebut. kita-kita bisa main sepak bola dan Gobak Sodor sampai kewer-kewer..eh kok malah curcol duh biyung....akses lokasi!!!!!

Jalan menuju ke pantai Watu Bolong sedikitnya ada dua jalur yang bisa ditempuh. pertama via pantai Drini, yaitu dengan berjalan kaki kearah timur pantai dan menaiki bukit, tenang sudah ada jalan setapaknya.
Jalur ini lumayan membuat berkeringat bray.. tapi sebanding kok dengan pemandangan serta semilir angin di atas bukit.

Dari atas bukit ini pantai watu bolong sudah klebet- klebet ngawe-awe. indah pada akhirnya....

Jalur ke dua adalah via jalan arah pantai Ngrumput lewat jalan drini tim, sampai ketemu penginapan bukit indah. nah.. sebelah barat penginapan ada tempat parkir dan penitipan sepeda motor, tentunya jika manteman bawa kendaraan bisa diparkirkan disini.
Selanjutnya melanjutkan perjaalanan dengan jalan kaki timik-timik.
Jalan di gunung kidul halus mulus yak..

Perjalanan dari tempat parkir untuk sampai ke pantai sekitar 10an menit. rute ini melewati jalan setapak, dan tegalan atau ladang warga. baru setelah itu kita akan menjumpai padang savana... eh tanah lapang berumput.

Glar...glar....glar dari padang rumput ini suara gemuruh pantai Watu Bolong sudah terdengar. riak ombak beradu keras dengan karang seperti bersorak menyambut...Selamat datang......









  
Previous
Next Post »

1 comment

  1. Numpang promo ya Admin^^
    ajoqq^^com
    mau dapat penghasil4n dengan cara lebih mudah....
    mari segera bergabung dengan kami.....
    di ajoqq^^com...
    segera di add Whatshapp : +855969190856

    ReplyDelete

Monggo sharing komentar dan pengalaman di bawah ini dengan merdeka asal, tanpa menjatuhkan sesama dan SARA.. Matur Tengkiyu

Featured Post

Nostalgia Sepeda Jengki Phoenix, sepeda China yang dimiliki hampir seluruh keluarga Indonesia

                    Pertengahan tahun 1965 Presiden pertama RI Soekarno pernah menumpahkan kekesalanya pada budaya barat yang mulai tersemai...

Artikel lainya gan..