Rahasia upgrade Mio J gapai top speed 120km/jam

November 23, 2018
Berjumpa kembali masbro dan jeng sist sekalian. artikel kali ini tipis-tipis saja seputar yamaha mio j yang beberapa waktu yang lalu saya upgrade. bisa dikatakan bore up atau sekedar hijrah seher. seperti kita ketahhui bersama bahwa yamaha mio j merupakan pioner generasi matic injeksi yamaha yang menganut pakem liner boring blok licin. maksudnya liner boring berbahan full aluminium dural dan berlapis sejenis keramik yang dinamakan diasil. konon sih mencomot teknologi motogp bro. nah yang menjadi dilema adalah saat kinerja mesin atau jantung dapur pacu mio j mengalami kerusakan, ngejim, baret piston dan lain sebagainya. pasti kejadian ini cepat atau lambat akan dialami oleh ownernya. penggantian seher untuk jenis boring diasil ternyata tidak bisa dikorter langsung. jadi harus penggantian keseluruhan satu paket. mudahnya kalau seher sudah bermasalah penggantian part sesuai standart diller ya harus seglundung paket boring set piston lengkap. harganya?kira-kira sekitar 500-600rb khusus untuk mio j.mayan kan itu belum termasuk jasa pemasanganya.

Penampakan mesin mio j

nah artikel ini saya akan menjembreng alternatif lain ganti seher yamaha mio j. pertama-tama kita mesti tahu dulu spesifikasi mesin mio j khususnya bagian piston. mio j berbekal piston diameter 50mm dan pen piston 13, nah pen piston inilah yang penentu pertimbangan pemilihan piston apa yang sesuai tanpa banyak ubahan. ternata banyak subtitusi piston dengan pen 13 yang bisa diaplikasikan untuk mio j terutama piston dari motor bebek yang beredar di tanah air. sebenarnya sudah ada peket khusus bore up untuk mio j, seperi CLD, Kawahara dll.  tapi semua dikembalikan kepada pilihan mas bro semua terutama soal dana dan kepuasan.
Bongkar cover mesin mio j

Ganti liner
sebelu  memilih seher untuk upgrade mio j, disiapkan dulu boring asli mio j untuk dijejali liner baru milik beat karbu, istilahnya overboss. harga liner OB sekitar 150 ribu. usahakan pilih liner yang tebal agar bisa oversize maxsimal. nah untuk pilihan pistonya bisa menggunakan honda beat karbu/ vario 110 yang sama-sama berdiameter 50mm dan pen 13, tinggal pilih os0 sampai os300. selain itu bisa juga pakai piston jupiter z yang berdiameter 51mm. penggantian piston ini secara otomatis mendongkrak kapasitas mesin matic aitakata ini.
namun jika ingin lebih nendang lagi bisa memilih piston kawasaki kaze yang berukuran 53 mm, kapasitas cc mio jpun akan terkerek menjadi 130cc, tepatnya 127,67cc. enaknya perubahan yang saya paparkan diatas masih bisa menggunakan perangkat standart mio j baik injektor maupun ECUnya.

Sedikit penyesuaian
Piston untuk upgrade mio j baik menggunakan piston beat/ vario karbu, jupiter z ataupun kaze punya karakter yang sedikit berbeda, nah pilih sesuai selera dan kebutuhan saja bro. ada banyak merk yang bisa digunakan seperti NPP, FIM ataupun piston standar atau OEM.

Penampakan seher mioj (kanan) standar dan honda beat (kiri)

walaupun pen piston langsung bisa plug and play namun perlu sedikit penyesuaian bro. terutama penyesuain pada dum piston dengan cara dibubut sekitar 1mm dan pada pangkal piston dipapas sekitar 5 mm. setelah itu kontur piston dibentuk ulang seperti piston ori bawaan mio j. serahkan pada tukang bubut pastinya.

piston mio j lebih pendek dan punggung seher lebih ramping, dibanding piston kaze atau beat, tinggal sesuaikan tinggi dum piston (dipapas 1mm agar piston tidak nabark klep) dan papas bagian bawah piston dipapas 5 mm supaya tidak mentok rengkes.

setelah semua proses dilalui kemudian rakit kembali dan test...

brum..brum suara mesin standart mio j yang sudah diupgrade akan sedikit lebih garang dan padet, dan tentunya jauh lebih bertenaga dibanding mio j standart ting ting..

satu hal yang perlu diperhatikan mas bro semua, sebaiknya agar lebih rajin rajin mengecek kapasitas oli mesin. karena dipastikan perubahan diatas tentu akan menambah beban kerja mesin. tarikan dan akselerasi dari mesin mio j yang lebih responsif dan lebih bertenaga pasti akan menggoda kita untuk sering bejek gas pol polan, wus wus wus...
awas jangan sampai telat ganti oli bro...jadi runyam urusanya..

semoga bermanfaat, salam gas gas...  
Previous
Next Post »

12 comments

  1. Ukuran head mio j kalo pakek piston kaze berapa ya min🙏🙏

    ReplyDelete
    Replies
    1. Klo untuk head emggen diutak-atik bang, cuma profil piston saja yang disesuaikan dengan bentuk piston Mio j

      Delete
  2. Saya mnglami kjadian yg sama..trus sya kbngkel bubut..nanya2 sputar blok mio..
    Infonya g usah d gnti..tpi di gnti boshnya/buring..trus sehernya oake vario 110..lbih murah..asli mlah..
    Nah pertnyaanya...apa seher mio j sma vario 110..plug n play tnpa merubah sdikitpun..apa jarak pen sampai ujung seher..sama..lupa ngukur soalnya...trima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. enggak langsung pnp mas, sedikit merubah (memotong bagian bawah piston beat/vario 110 nya) soalnya piston mio j lebih pendek. klo saya dulu pas ke bengkel kolter seher mio jnya saya bawa buat mal. soalnya klo langsung pasang piston beat/vario mentok ke karter mesin

      Delete
  3. Saya pujya mio j..dan mngalamai hal yg sama..efek darah mio j telat..trus ke bngkel bubut..nnya2 sputar blok mio j..
    Dikasih solusi..gnti bosh /buring trus oake seher standar vario 110 saja yg lbih murah dan asli..pertnyaanya..apa seher vario 110 bsa d aplikasikan ke mio j..tnpa merubahbsdikitpun..istilah keranya..ppnp..pasang n pas

    ReplyDelete
  4. Mas mau nanya, saya ada recana ganti blok BRT+injector, apa itu udh cukup? Atau perlu ganti noken juga?

    ReplyDelete
    Replies
    1. klo untuk komuter harian, kayaknya sudah cukup om. klau ganti noken as racing karakter mesin akan berubah juga, biasanya sekalian ganti ecu agar lebih optimal lagi. gitu kira-kira om

      Delete
  5. Saya baru naik kaze gocap tapi mtr tidak mau ngangkat pas di stater apanya ya kira² , tpi kalo saya pancing pake bensin di trotel body(karbunya) bisa nyala tapi mati lagi nanti
    makasih

    ReplyDelete
  6. Maaf mw tanya setelah sya bore up kaze diameter 53 kk malah gk bisa d stater elektrik?knp y

    ReplyDelete
  7. Dinamo starternya ga kuat,harus disesuaikan,n diganti

    ReplyDelete
  8. Pakai mio m3. Oz 1.00 langsung pas

    ReplyDelete

Monggo sharing komentar dan pengalaman di bawah ini dengan merdeka asal, tanpa menjatuhkan sesama dan SARA.. Matur Tengkiyu

Featured Post

Nostalgia Sepeda Jengki Phoenix, sepeda China yang dimiliki hampir seluruh keluarga Indonesia

                    Pertengahan tahun 1965 Presiden pertama RI Soekarno pernah menumpahkan kekesalanya pada budaya barat yang mulai tersemai...

Artikel lainya gan..